8 Mitos Seputar Maag dan Puasa


Anda khawatir sakit maag Anda kambuh jika berpuasa? Jangan khawatir. Simak tanya jawab dengan para ahli berikut ini, dan kenali jenis sakit maag apa yang Anda derita.Menjelang bulan Ramadhan sering beredar rumor-rumor yang menyesatkan, antara lain penderita maag dilarang berpuasa, karena penyakitnya akan menjadi makin parah. Benarkah demikian?

Sakit maag (dispepsia) adalah salah satu gangguan pada saluran pencernaan, khususnya lambung. Biasanya, penderita akan merasakan gejala nyeri ulu hati, mual-muntah, rasa panas di dada, sebah, sendawa berlebihan, dan kurang nafsu makan. Gangguan ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain; pengeluaran asam lambung yang berlebihan, pertahanan dinding lambung yang lemah, dan infeksi helicobacter pylori.

Baca lebih lanjut

Iklan

Bahaya Rokok

Racun pada Rokok

Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.

Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen. Baca lebih lanjut

7 JURUS MENGATASI ASMA

SESAK yang sering dikeluhkan pengidap asma memang menjengkelkan. Apalagi jika kekambuhannya lebih dari 1 atau 2 kali dalam seminggu. Asma dapat mengganggu kinerja dan aktivitas seseorang sehingga terasa menjengkelkan bagi penderitanya. Penyakit ini bahkan dikatakan sebagai biang kerok utama atas ketidakhadiran di tempat kerja dan di sekolah. Selain mengganggu aktivitas, asma juga tidak dapat disembuhkan, bahkan dapat menimbulkan kematian. Namun bila penyakit ini dikendalikan, kematian dapat dicegah dan gejalanya pun tidak sering muncul. Untuk mengetahui bagaimana cara mengontrol penyakit asma, penderita perlu mengenal asma terlebih dahulu. Baca lebih lanjut

Tips Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang sulit, apalagi jika sudah kecanduan. Walau begitu,bukan berarti Anda tak bisa meninggalkan kebiasaan buruk ini.

Cobalah tips berikut, yang sebenarnya merupakan pengalaman seorang mantan perokok. Jurusberhenti merokok yang satu ini, dilakukan secara bertahap. Dari hari kehari, ia mengurangi jumlah rokok yang diisap, hingga akhirnya ia samasekali berpisah dengan batang-batang rokok. Baca lebih lanjut

Konsumen Agar Cermat Memilih Air Minum

Pakar dari Departemen Gizi Masyarakat IPB Dr Ir Rimbawan, Sabtu di Bogor mengingatkan perlunya masyarakat mengetahui ciri-ciri air minum yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

“Ada beberapa air minum yang beredar, di antaranya air dalam kemasan, isi ulang, beroksigen, dan heksagonal. Konsumen perlu mengetahui air mana yang sehat dan aman untuk diminum. Pada dasarnya air yang sehat untuk diminum, secara fisik tak berwarna, tidak berbau dan tidak memiliki rasa tertentu,” katanya. Baca lebih lanjut

Berapa Banyak Air yang Harus Kita Minum Setiap Harinya?

Air sangat penting untuk kesehatan, dan tiap individu membutuhkan dalam jumlah yang berbeda. Panduan ini dapat membantu memastikan bahwa Anda telah mencukupi asupan air yang dibutuhkan.

Berapa banyak air yang diminum setiap hari? Sebuah pertanyaan mudah dengan jawaban yang sulit. Studi telah menghasilkan berbagai rekomendasi selama beberapa tahun belakangan ini, tetapi sebenarnya, kebutuhan air tiap orang sangat berbeda tergantung dari banyak faktor, termasuk kesehatan, seberapa aktif dan dimana Anda tinggal. Baca lebih lanjut

Apakah Anda Cukup Minum Air Putih?

Setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan air untuk hidup sehat. Kita kehilangan kira-kira 3 liter air lewat pembuangan urin, keringat, dan uap air.
Rata-rata kebutuhan kita akan air adalah 1,5 sampai 2,5 liter sehari. Jika matahari bersinar terik sekali atau sedang olahraga, kebutuhan air itu meningkat lebih dari biasa.

Berikut ini berbagai cara menambah asupan air agar kita terhindar dari dehidrasi, yaitu:

1. Buatlah kebiasaan minum air putih saat beristirahat. Ketika bekerja di depan komputer, setelah 20 menit, istirahatkan mata dari layar komputer . Ambil segelas air dan teguk beberapa kali.

2. Selalu memulai acara makan dengan semangkuk sup

3. Jangan lupa, bawa sebotol air mineral di dalam mobil atau di dalam tas jika Anda bepergian naik bus.

4. Pilih sayuran yang mengandung air seperti brokoli, wortel, apel, kentang, dan yoghurt

5. Jangan lupa minum setelah makan. Harap diingat kopi mengandung kafein tak terhitung sebagai asupan air untuk Anda. Kafein dalam minuman itu bersifat diuretik, sehingga Anda harus bolak balik buang air kecil.